Bisnis Online

Berbagai Macam Bisnis Online Yang Dijalankan Di Rumah

Bisnis tidak lagi sebatas pasar, kantor, mall, lapak, properti, dan lainnya yang masih umum. Internet mengubah segalanya termasuk bisnis. Sesuatu yang dulu mustahil bahkan ditertawakan, kini menjadi trend dan menghasilkan banyak uang. Bisnis online terdiri dari berbagai macam dan mencakup banyak bidang.

Secara sederhana, kegiatan bisnis dengan bantuan internet sebagai alat dan media utama dapat dikatakan sebagai bisnis berbasis online. Yang perlu Anda perhatikan adalah posisi internet dan bisnis adalah sejajar. Keduanya saling membantu dan berhubungan erat. Untuk lebih jelasnya, simak contoh bisnis online yang dapat Anda lakukan.

  1. Toko online

Menjual barang adalah bisnis yang sudah ada sejak zaman kuno. Penjual menawarkan barang dan jasa lalu konsumen membelinya. Apapun produknya, bisnis ini melibatkan pihak penjual dan pembeli termasuk pasar sebagai tempat. Kini, Anda tidak perlu lagi buka toko secara nyata di pinggir jalan. Semuanya telah tersedia di marketplace online dan tentu saja toko tersebut adalah toko online.

Anda bisa menjual apapun dari makanan, fashion, pakaian, celana, kebutuhan rumah tangga laptop, hp, peralatan elektronik, dan lainnya. Tidak ada batasan jenis produk yang Anda jual selama barang tersebut legal. Semua transaksi menggunakan aplikasi dan Anda mengelola toko tersebut seperti halnya toko sebenarnya. Anda mengatur stok dan struk untuk kebutuhan bukti transaksi.

  1. Dropship

Anda tidak punya barang tetapi tahu tempat untuk mendapatkan. Cara bisnis lain yang cocok dengan sistem online adalah dropship. Bisnis ini Anda membuat toko online tetapi menjual barang dari toko lain. Anda hanya sebagai agen atau toko perantara. Ketika order masuk, Anda meneruskan ke toko penyedia barang dan mereka mengirim langsung ke konsumen.

  1. Jasa pembuatan konten

Bisnis tidak hanya terkait barang atau produk nyata. Salah satu bisnis online yang sedang menjamur adalah jasa pembuatan konten. Anda punya website dan butuh artikel. Menulis banyak artikel dan selalu update membutuhkan skill dan menghabiskan waktu. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda order artikel dari orang lain.

Jika Anda punya skill, bisnis pembuatan konten memiliki pasar yang selalu berkembang karena menyesuaikan dengan kondisi internet. Konten tidak hanya artikel tetapi juga gambar, foto, video, dan aplikasi. Secara singkat, Anda menawarkan pembuatan apapun sesuai dengan keahlian Anda tersebut kepada klien.

  1. Marketing

Bisnis selanjutnya adalah marketing. Sebenarnya, ini bukan bisnis langsung tapi lebih sekadar bagaimana membuat marketing dan promosi yang cocok untuk sebuah produk. Marketing juga berkembang ke hal lain seperti isu, event, personal, dan sebagainya.

  1. Pelatihan online dan konsultasi

Jika Anda punya keahlian langka dan mumpuni, menjadi konsultan online patut dipertimbangkan. Banyak orang menggunakan internet untuk mencari solusi. Mereka menemukan banyak referensi tetapi butuh sumber yang terpercaya dan valid. Inilah peluang untuk memperkenalkan jasa Anda kepada mereka. Contohnya adalah konsultan keuangan, pajak, hukum, teknologi, keamanan, dan sebagainya.

Selain konsultasi, anda juga bisa menyediakan pelatihan online. Peserta mendapatkan ilmu dan pengalaman yang berharga. Tentu saja, Anda mendapatkan keuntungan dari fee yang mereka bayar. Banyak orang rela berkorban uang untuk mendapatkan ilmu tertentu. Jika ilmu tersebut sangat langka, peluang mendapatkan uang menjadi sangat besar.

Daftar diatas masih segelintir bisnis online yang sudah teridentifikasi dan menjadi populer. Masih banyak lagi macamnya bahkan sampai profesi aneh tetapi memang ada karena perkembangan internet.